Skip to main content

11 Manfaat Tidur Bagi Kesehatan Tubuh

Lain dulu lain sekarang, ada banyak perubahan dalam cara pandang kita terhadap sesuatu seperti tidur. Dulu, tidur hanya sebatas tidur seperti rutinitas biasa saja. Sekarang, sudah banyak penelitian yang menunjukkan peranan tidur bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah 11 manfaat tidur bagi kesehatan tubuh manusia.
1. Menjaga suasana hati
Sepertinya kita tidak menyadari bahwa tidur memiliki peranan dalam menjaga suasana hati.
Bagi mereka yang kurang tidur, moodnya akan cepat terganggu dan ini menyebabka  perubahan yang cepat pada mood mereka, istilah anak-anak sekarang mah disebut baper.
Nah tuh, kalau ga mau dibilang baperan kita harus memiliko waktu yang cukup untuk tidur.
Fakta bahwa orang yang kurang tidur akan lebih sensitip terhadap oranh-orang disekitarnya.
2. Menjaga berat badan.
Ketercukupan waktu tidur memberikan dampak positif pada berat badan ideal.
Bagi mereka yang kurang tidur akan kehilangan selera makan. Dan itu tentu merugikan bagi berat badan yang ideal.
3. Konsentrasi
Ketercukupan tidur akan mempertahankan konsentrasi seseorang. Ini bagus bagi seorang untuk tetap fokus pada rutinitas yang dijalani. Akan berbeda dengan yang kurang waktu tidur akan dengan mudah kehilangan konsentrasi.
4. Kesehatan sistem kardiovaskuler.
Kita sendiri bisa merasakan jika kurang tidur maka detak jantung akan bekerja lebih cepat. Itu fakta bahwa tidur memberikan manfaat penting bagi sistem kardiovaskuler.
5. Sistem metabolisme pencernaan
Seperti yang kita bisa rasakan sendiri, jika kurang tidur akan kehilangan nafsu makan. Dan jika itu berkelanjutan bukan mustahil akan terjadi gangguan pada usus yang menyebabkan tifus atau bahkan maag.
6. Memperbaiki memori
Tidur bukan sekedar ngantuk semata lalu memejamkan mata. Lebih dari itu ada kerja pada sistem memori kita. Waktu tidur yang cukup akan membuat memori atau daya ingat kita jauh lebih kuat daripada yang kurang tidur. Ini bagus untuk memperkuat latihan fisik atau mental. Jika anda sedang berlatih mengendarai mobil atau motor akan bagus selesai latihan langsung tidur. Karena kegiatan tadi akan direkam dalam memori kita. Tentu saja ini akan membantu mempercepat proses latihan.
7. Memiliki peluang hidup lebih lama
Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa waktu tidur yang cukup akan memiliko peluang hidup lebih lama. Bisa dimaklumi karena dalam tidur, sel-sel dalam tubuh akan beregenerasi.
8. Kulit tampak fresh
Fakta menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur akan terlihat lebih pucat kulitnya. Hal tersebut karena memang darah tidak mendapatkan suplai oksigen yang cukup.
9. Menjadi Juara
Terutama bagi atlet, waktu tidur yang cukup akan membantu meningkatkan stamina tubuh. Hal tersebut bagus bagi para atlet yang ingin meraih prestasi setinggi-tingginya.
10. Meningkatkan kreativitas
Sebelum tidur ambil pena dan mulai menggambar maka akan cukup efektip meningkatkan kreatifitas. Hal tersebut sejalan dengan meningkatnya konsentrasi dan memperkuat memori.
11. Meningkatkan prestasi akademik
Hal ini bisa dimengerti karena ketercukupan waktu tidur akan membantu meningkatkan konsentrasi, daya ingat dan kreativitas. So bagi pelajar jangan begadang ya.
Artikel ini bertujuan sebagai pengetahuan dan motivasi untuk mulai hidup sehat. Go keluarga sehat.
Saya hanya blogger pemula yang senang menulis. Blog ini bertujuan menumbuhkan imaginasi dan kreatifitas. Bantuan kritik dan saran akan membuat saya semakin senang menulis.

Comments