Skip to main content

Asam Urat Itu Penyakit Apa Ko Nyeri Banget

Nyeri sendi lutut

Rasanya nyeri banget kalau asam urat sedang kambuh. Tersiksa banget kalau kadar asam urat sedang naik bawaannya ngilu persendian dan kadang-kadang gak bisa kontrol emosi. Ga enak banget dweh kalau sudah kena penyakit asam urat.

Mungkin anda juga pernah ngalamin hal yang sama dengan saya terkena penyakit asam urat. Apakah pengertian penyakit asam urat?. Yang kita tahu adalah diagnosa dokter bahwa kita terkena penyakit asam urat lalu dilarang makan makanan yang bisa memicu naiknya kadar asam urat. Kita tidak pernah menyadari gejala dan penyebab penyakit kanker.

Apa si penyakit asam urat itu?

Apakah pengertian penyakit asam urat?. Penyakit asam urat adalah penyakit yang menyerang persendian tubuh. Penyakit asam urat tidak termasuk penyakit genetik atau penyakit yang diturunkan dari faktor keluarga. Meskipun begitu, riwayat keluarga yang terkena penyakit akan memungkinkan menurun pada keturunannya. Hal tersebut dapat terjadi bukan karena faktor genetik tapi lebih pada faktor kebiasaan pola hidup yang tidak sehat.
Ada banyak orang yang salah menilai penyakit asam urat. Kebanyakan berpendapat penyakit asam urat adalah penyakit yang disebabkan makan kangkung, toge atau dedaunan lainnya. Tentu tidak sepenuhnya salah namun gak tepat juga. Penyakit asam urat memang disebabkan oleh salah satunya konsumsi makanan yang tinggi kandungan purin.

Apakah penyebab penyakit asam urat?

Penyakit asam urat bukanlah penyakit yang disebabkan faktor keturunan. Meskipun kita sering menjumpai bapak atau ibunya terkena asam urat lalu anak-anaknya juga ada yang terkena penyakit asam urat.
Penyakit asam urat lebih disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat. Tidak menjaga makanan yang dikonsumsi menjadi faktor utama terjangkit penyakit asam urat. Lalu, apa saja penyebab penyakit asam urat?.
1. Makanan mengandung purin
Makanan yang mengandung purin tinggi akan menyebabkan terkena penyakit asam urat. Inilah penyebab utama terjangkitnya penyakit asam urat. Ketika tubuh tidak mampu membuang zat purin maka akan menyebabkan meningkatnya kadar asam urat. Zat purin dibuang dalam kotoran dan air urine.
2. Riwayat penyakit keluarga
Meskipun penyakit asam urat bukanlah penyakit turunan namun riwayat penyakit yang diderita keluarga membawa dampak buruk bagi kesehatan. 
Jika ada salah satu dari orang tua kita yang terkena penyakit asam urat maka sebaiknya kita waspada. Hal ini berkaitan dengan pola konsumsi makanan. Logis ya apa yang di makan orang tua itu juga yang dikonsumsi anak.
3. Usia dan jenis kelamin
Meskipun tidak ada pengaruh langsung usia dan jenis kelamin namun fakta menunjukkan bahwa usia tua dan pria lebih rentan terkena penyakit asam urat. Sedangkan wanita yang sudah memasuki masa menopause lebih rentan terkena penyakit asam urat. Saya menduga karena penurunan fungsi organ tubuh sehingga daya serap zat purin berkurang.
4. Penyakit yang diderita
Ada beberapa penyakit yang pernah atau sedang diderita membantu mendorong seseorang rentan terkena penyakit asam urat. Penyakit diabetes, jantung, darah tinggi menjadi bagian dari meningkatnya resiko terkena penyakit asam urat. 

Gejala yang diderita penyakit asam urat

Penyakit asam urat menyerang bagian persendian tubuh. Oleh karena itu gejala yang tampak pada penderita asam urat adalah rasa nyeri dan ngilu pada persendian.
Berikut adalah gejala umum penyakit asam urat :
1. Sendi akan terasa panas
2. Ngilu dan nyeri pada persendian
3. Sendi terasa bengkak namun lunak
Gejala penyakit asam urat tidak seperti penyakit lainnya. Gejala penyakit datang secara mendadak dan mungkin ada baiknya periksa kadar asam urat.

Tips menghindari resiko terkena penyakit asam urat

Tips ini adalah dengan mempertimbangkan faktor penyebab dan gejala penyakit asam urat. Ada beberapa tips untuk menghindari resiko terkena penyakit asam urat.
1. Jangan berlebihan konsumsi makanan yang banyak mengandung zat purin.
2. Menjaga pola makan yang sehat.
3. Olahraga secara rutin.
4. Istirahat yang cukup.

Kesimpulan

Penyakit asam urat bisa menyerang siapa saja baik pria maupun wanita, baik tua maupun muda. Oleh karena itu hindari makan makanan yang tinggi kandungan zat purin. Kenali sejak dini apa penyebab, gejala dan pengobatan penyakit asam urat.
Informasi ini bersifat pengetahuan bagi keluarga agar selalu sehat. Tinggalkan pengalaman terkena penyakit asam urat dibagian kolom komentar.
Saya hanya blogger pemula yang senang menulis. Blog ini bertujuan menumbuhkan imaginasi dan kreatifitas. Bantuan kritik dan saran akan membuat saya semakin senang menulis.

Comments