Skip to main content

Kandungan Purin Tinggi Makanan Inilah Penyebab Asam Urat

Sudah tahukah makanan yang memiliki kandungan purin tinggi?. Seperti yang kita ketahui bahwa makanan dengan kandungan purin tinggi adalah faktor utama penyebab asam urat. Hanya saja, mungkin anda belum tahu makanan apa saja yang tinggi kandungan purin.
Sebetulnya tidak ada penyebab pasti penyakit asam urat. Namun berdasarkan fakta bahwa makanan dengan kandungan purin tinggi adalah faktor utama yang menyebabkan asam urat tinggi. Dalam metabolisme sistem pencernaan, purin akan dibuang bersama kotoran dan air urine. Ketidak mampuan tubuh membuang dan menyerap purin menyebabkan penumpukan kadar purin dalam darah sehingga meningkatlah kadar asam urat seseorang.

Daftar Makanan Dengan Kandungan Purin Tinggi

1. Jeroan
Jeroan adalah makanan favorit sebagian masyarakat kita. Rasanya yang gurih memang menjadi cita rasa jeroan. Gak heran kalo olahan jeroan banyak digemari.
Yang termasuk jeroan adalah usus, ati, ampela, lidah dan otak. Ada banyak aneka ragam olahan jeroan bisa di sop dan lainnya. Meskipun sudah tahu bahwa konsumsi jeroan bisa meningkatkan kolesterol tetapi tetap saja banyak yang mengkonsumsinya.
Selain memicu meningkatnya kadar kolesterol ternyata jeroan banyak mengandung purin. Zat purin inilah pemicu meningkatnya resiko seseorang terkena penyakit asam urat.
2. Kacang-kacangan
Makanan yang tinggi kandungan purin lainnya adalah kacang-kacangan. Yang termasuk ke dalam kacang-kacangan adalah kacang tanah, tauge, kacang mede,.
3. Sayuran
Ada banyak sayuran yang mengandung purin tinggi seperti bayam, kangkung, daun pepaya dan lainnya. Yang perlu dijaga adalah jangan banyak menkonsumsinya.
4. Makanan Laut
Makanan laut seperti teri, cumi, kepeting membantu meningkatnya resiko terkena penyakit asam urat. Kandungan purin yang tinggi dalam makanan laut seharusnya kita bisa mengatur jumlah asupan makanan laut.
5. Daging Merah
Tanpa kita sadari bahwa daging merah seperti daging kambing, sapi memiliki kandungan purin tinggi. Mengatur konsumsi daging merah adalah salah satu cara mengatasi terkena penyakit asam urat.

Bagaimana cara mengatasi asam urat?

Dengan mengenali gejala dan penyebab penyakit asam urat maka kita bisa menemukan cara mengatasi agar terhindar dari penyakit asam urat.
1. Jaga pola makan
Menjaga pola makan bukanlah hal mudah. Seringkali selera mengalahkan akal sehat. Sudah tahu jenis makanan yang bisa mendorong meningkatnya resiko terkena asam urat tetep aja memakannya. Itulah selera namun yang terpenting adala mengontrol jumlah makanan.
2. Pola hidup sehat
Tidak merokok dan begadang merupakan bagian dari pola hidup sehat. Waktu tidur yang cukup akan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.
Secara tidak langsung, pola hidup yang tidak sehat akan memicu meningkatnya asam urat tubuh. Oleh karena itu, mari biasakan menerapkan pola hidup sehat.
3. Peduli pada kesehatan tubuh
Ketidak pedulian pada kesehatan tubuh menyebabkan seseorang tidak mau menjaga kebugaran tubuhnya. Olahraga yang teratur dan melakukan kegiatan yang menyenangkan bisa menjadi pemicu pikiran positif dan terhindar dari stress.
Menghindari makanan yang mengandung purin tinggi tidak berarti melarang mengkonsumsi. Akan tetapi membatasi dan mengatur pola makan dan menjalani pola hidup sehat akan membantu tubuh kita sehat dan bugar.
Mungkin anda bisa menambahkan lagi makanan yang mengandung purin tinggi dikolom komentar. Terimakasih.
Saya hanya blogger pemula yang senang menulis. Blog ini bertujuan menumbuhkan imaginasi dan kreatifitas. Bantuan kritik dan saran akan membuat saya semakin senang menulis.

Comments