Skip to main content

Yu Cari Tahu Cara Mengatasi Asam Urat Dengan Makanan Alami

daun seledri foto malangvoice

Meskipun penyakit asam urat tidak seperti kanker namun rasa sakit yang ditimbulkan sangat nyeri sekali. Ada berbagai cara mengatasi penyakit asam urat mulai dari tradisional, konsumsi makanan alami sampai pengobatan medis.
Jika anda termasuk senang dengan pengobatan tradisional dengan cara mengkonsumsi makanan alami maka artikel ini cocok buat anda. Dalam tulisan kali ini, saya akan mencoba memberikan cara mengatasi penyakit asam urat dengan konsumsi makanan alami sebagai obat penyembuhan.

Apakah yang dimaksud makanan alami?

Makanan alami adalah makanan yang tidak mengandung zat aditif atau bahan sintetis kimiawi. Makanan alami bisa dikonsumsi langsung bisa juga diolah menjadi makanan siap saji.
Makanan alami adalah makanan sehat dan bahkan banyak diantaranya memiliki manfaat untuk  tradisional.

Apakah pengertian pengobatan tradisional?

Pengobatan tradisional adalah metode pengobatan secara alami dengan menggunakan bahan natural maupun treatment tradisional lainnya seperti pijat.
Ada banyak makanan alami dilingkungan sekitar yang memiliki manfaat untuk pengobatan termasuk mengatasi penyakit asam urat. Kelebihan makanan alami untuk mengatasi asam urat adalah tidak ada resiko efek samping. Sedangkan kekurangan dari makanan alami adalah terasa lambat bekerja mengatasi asam urat. Itulah fakta tentang makanan alami sebagai obat atasi asam urat. Meskipun demikian, ada baiknya konsumsi makanan alami sebagai upaya jangka panjang mengatasi asam urat.

Daftar Makanan Alami Yang Mampu Mengatasi Asam Urat

Daftar makanan alami ini akan bermanfaat untuk mengatasi asam urat. Gak perlu repot mengolahnya cukup dimakan namun terkadang perlu sedikit mengolah. Makanan alami ini efektif untuk menurunkan kadar asam urat.
1. Daun seledri
Banyak manfaat dari daun selederi untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat daun seledri untuk kesehatan tubuh adalah mengatasi asam urat. 
Cara mengolah daun seledri cukup sederhana yaitu dengan direbus dan disaring lalu minum air hasil saringan tersebut.
2. Teh hijau
Teh hijau dikenal sebagai minuman untuk menurunkan berat badan. Namun manfaat lain dari minum teh hijau adalah mengatasi asam urat. Anda hanya perlu rutin meminum teh hijau minimal sehari dua kali.
3. Buah Apel
Buah apel memiliki kandungan vitamins B kompleks atau Vitamins B12. Selain itu konsumsi buah apel memiliki manfaat mengatasi asam urat.
4. Buah Ceri
Buah ceri diketahui memiliki manfaat untuk mengatasi asam urat. Buah ceri ini memiliki kandungan vitamins yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.
5. Jeruk nipis
Kandungan Vitamins C jeruk nipis yang tinggi ternyata bermanfaat untuk mengatasi asam urat. Cukup diperas jeruk nipis lalu diminum. 
6. Air putih
Air putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Minum air putih yang banyak akan membantu menurunkan asam urat. Seperti yang kita ketahui bahwa hampir 80% tubuh kita terdiri dari air. Sedangkan asam urat adalah penumpukan purin dalam tubuh. Purin dalam tubuh keluar bersama dengan air urin dan kotoran. Dari situlah minum air putih dapat membantu membuang penumpukan purin.

Tips Mengurangi resiko terkena asam urat

Seperti yang kita ketahui bahwa asam urat adalah penyakit yang diakibatkan karena penumpukan purin. Sedangkan asam urat itu sendiri menyerang persendian tubuh.
Berikut adalah tips mengurangi resiko terkena asam urat
1. Mengurangi makanan yang tinggi kandungan purin.
2. Menjaga berat tubuh agar tidak obesitas.
3. Menjaga pola makan.
4. Menjalani pola hidup sehat.

Akhir Kata

Asam urat adalah penyakit yang disebabkan oleh faktor utama yaitu penumpukan purin. Oleh karena itu yang terpenting adalah menjaga pola makan dengan mengurangi konsumsi makanan yang tinggi kandungan purin. 
Bila terindikasi mengalami gejala penyakit asam urat segera lakukan cek kadar asam urat dan konsumsi makanan alami yang memiliki manfaat mengatasi asam urat. Jika dirasakan menderita bisa langsung menghubungi dokter.
Artikel ini bersifat pengetahuan umum bagi keluarga agar bisa menjaga kesehatan anggota keluarga. Semoga info kesehatan ini bermanfaat bagi kita semua.
Jika punya makanan alami lainnya yang bermanfaat mengatasi asam urat, silahkan tulis dikolom komentar. Terimakasih.
Saya hanya blogger pemula yang senang menulis. Blog ini bertujuan menumbuhkan imaginasi dan kreatifitas. Bantuan kritik dan saran akan membuat saya semakin senang menulis.

Comments