Skip to main content

Penyebab dan Ciri Anak Kecanduan Game Online


Game online bisa menyebabkan anak-anak menjadi kecanduan bermain. Kalau sekedar bermain game saja gak jadi masalah. Namun kalau sudah ketergantungan akan merugikan bagi kesehatan mental anak. Sebelum terlanjur, yu kita kenali faktor penyebab dan ciri anak sudah kecanduan game online.
Ada banyak game yang dengan mudah di download di playstore. Sebetulnya gak masalah jika anak main game online. Toh ada juga game yang bermanfaat buat kecerdasan anak. Kuncinya terletak pada peranan orang tua dalam pengawasan anak.
Orang tua memegang peranan penting dalam pengawasan dan pengendalian anak. Hanya saja terkadang tidak menyadari dampak membiarkan anak asyik bermain game online. Disinilah awal mula anak tidak bisa lepas dari kecanduan main game online.
Yang perlu diketahui bahwa WHO sudah menetapkan bahwa kecanduan main game online sebagai gangguan kesehatan mental. Tentu itu kabar buruk buat orang tua anak.
Sebelum menjadi benar-benar kecanduan, ada baiknya orang tua mengetahui cara mengatasi anak kecanduan game online

Faktor penyebab anak kecanduan game online

Ada tiga faktor penyebab yang membuat anak menjadi kecanduan game online yaitu biologi, psikologi dan sosial.

Faktor Biologi

Secara biologi, setiap manusia memiliki dopamine yang rendah. Oleh karena itu manusia cenderung mencari cara meningkatkan dopamine yang bisa meningkatkan kesenangan.
Jika anak memiliki gangguan neurotransmitter dopamine maka kemungkinan besar akan menyebabkan kecanduan.

Faktor Psikologi

Secara psikologi, manusia menyukai tantangan. Game dibuat dengan berbagai tantangan dari mudah, sedang dan sulit. Hal tersebut bisa memicu psikologi anak untuk memecahkan level game online.

Faktor Sosial

Faktor sosial bisa disebabkan karena teman dan orang tua. Hanya saja peranan orang tua lebih dominan dalam menyebabkan anak kecanduan game online.
Mungkin berawal dari mengalihkan perhatian anak saat sedang merengek minta sesuatu. Namun lama kelamaan anak bisa menjadi ketergantungan main game online.

Ciri anak kecanduan game online

Tidak semua anak yang senang bermain game online masuk kategori kecanduan. Ada beberapa ciri anak kecanduan game online.
Berikut ini adalah ciri-ciri anak kecanduan game online yaitu :

Emosi meningkat

Anak yang sudah kecanduan game online tidak mampu mengendalikan emosi. Emosi anak akan cenderung meningkat jika tidak memainkan game disaat menginginkannya.

Kurang bersosialisasi

Anak yang sudah kecanduan game online akan terlihat kurang bersosialisasi dengan teman bahkan keluarga sekalipun. Anak akan lebih memilih bermain game online di smartphone ketimbang bermain dengan anak-anak seusianya.
Ketidakmampuan dalam bersosialisasi akan memiliki dampak buruk pada kehidupan anak yang kecanduan game online.

Intensitas bermain

Anak yang kecanduan main game online terlihat dari seberapa intensitas bermain game. Rata-rata sekali bermain bisa menghabiskan waktu lebih dari dua jam. Bahkan frekuensi bermain akan terus meningkat dalam sehari.
Serem juga ya jika anak sudah ketergantungan sama game online. Akan lebih sulit mengendalikan perilaku anak.
Jika sudah terlihat ciri-ciri anak kecanduan main game online segera lakukan cara untuk mengatasi anak kecanduan game di smartphone.
Jika dirasa perlu perlakuan lebih harap konsultasi dengan psikolog.



Comments