Skip to main content

Penyakit Maag : Gejala, Penyebab dan Pengobatan Tradisional

Apakah yang dimaksud dengan penyakit maag?. Penyakit maag adalah penyakit yang disebabkan rasa nyeri dan perih dibagian lambung yang disebabkan berbagai kondisi. Kondisi tersebutlah yang harus kita kenali sebagai gejala dan penyebab penyakit maag.
Mungkin diantara kita ada yang pernah merasakan sakit maag. Sakit banget dweh, jangan ampe kena penyakit maag. Dalam kondisi maag ringan tidak akan merasakan kesakitan yang luar biasa. Namun bila sudah terkena penyakit maag akut gak bakalan kuat dweh nahan rasa nyeri.

Apa Saja Gejala Penyakit Maag?

Penyakit maag sering dikaitkan dengan faktor keterlambatan makan. Makan yang tidak teratur seringkali membuat seseorang rentan terkena penyakit maag. Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit maag adalah penyakit sekitar lambung.
Dalam sistem metabolisme pencernaan, lambung memiliki peran penting dalam proses penyerapan zat gizi makanan. Lambung adalah organ kedua setelah mulut dalam sistem pencernaan makanan. Di lambung inilah zat gizi makanan diserap dan disalurkan keseluruh bagian tubuh.
Makan yang tidak teratur dan kandungan lemak yang tinggi dalam makanan ikut berperan dalam kinerja lambung. Produksi asam lambung yang tinggi akan mengakibatkan luka pada lambung dan akhirnya terjadilah penyakit maag.
Apa saja yang menjadi gejala sakit maag?. Berikut adalah gejala sakit maag.
1.  Perut berasa kembung
Gejala sakit maag yang sering dijumpai adalah perut berasa kembung. Gejala ini bisa disebabkan karena tingginya produksi asam lambung. 
2. Mual
Gejala sakit maag adalah mual. Jika kita merasa mual maka bawaannya makanan yang kita telan akan berasa keluar lagi. 
3. Muntah
Gejala sakit maag adalah muntah. Hal  tersebut terjadi karena adanya penolakan dari lambung. 
4. Nyeri pada kerongkongan dan punggung. 
Gejala sakit maag adalah nyeri pada kerongkongan dan punggung. Hal tersebut merupakan gejala sakit maag akut. Kalau sudah begini, segera periksa ke dokter.
5. Perut terasa perih
Gejala sakit maag adalah perut terasa perih dan seperti melilit. Hal tersebut kemungkinan terjadi disebabkan terlambat makan.
Gejala sakit maag tersebut diatas adalah gejala umum yang sering dialami penderita sakit maag.

Apa Penyebab Sakit Maag?

Penyebab sakit maag adalah bakteri helocobacter pylori. Namun bukan itu saja penyebab sakit maag. Fakta bahwa sakit maag sering diakibatkan karena ketidakteraturan makan.
1. Terlambat makan
Keterlambatan makan menyebabkan meningkatnya produksi asam lambung. Jika hal tersebut dibiarkan akan menyebabkan luka pada bagian lambung.
2. Konsumsi makanan tinggi kandungan lemak
Makanan yang mengandung lemak tinggi akan memicu kerja lambung untuk memproduksi asam lambung. 
3. Efek samping penggunaan obat antiinflamasi
4. Stress
Fakta bahwa stress bisa menyebabkan sakit maag. Hal itu terjadi karena biasanya kalo lagi stress terkadang malas makan. Keterlambatan makan itulah menjadi penyebab sakit maag.

Apa Pengobatan Tradisional Untuk Sakit Maag?

Pengobatan tradisional untuk sakit maag adalah pada umumnya dengan ramun herbal. Ada banyak jenis tanaman herbal yang bermanfaat untuk pengobatan sakit maag. Salah satu yang populer adalah ramuan kunyit.
Untuk membuat ramuan kunyit tidaklah sulit cukup diparut dan direbus. Minumlah air hasil rebusan secara rutin.  Selain kunyit ada juga buah apel, daun seledri dan banyak lagi tanamam herbal.
Menurut saya, penggunaan obat herbal atau dengan pengobatan tradisional lainnya akan efektip jika masih dalam tahap sakit maag ringan. Jika sudah menderita sakit maag kronis maka segeralah tangani dengan Dokter.
Semoga info keluarga sehat ini bisa menjadi pengetahuan kesehatan.
Saya hanya blogger pemula yang senang menulis. Blog ini bertujuan menumbuhkan imaginasi dan kreatifitas. Bantuan kritik dan saran akan membuat saya semakin senang menulis.

Comments