Skip to main content

Obat Tradisional Asam Urat Yang Ampuh


Apakah ada obat tradisional asam urat yang ampuh?. Seringkali kita mendengar keluhan dari penderita asam urat yang merasakan ngilu pada persendian. Agak susah mengatasi asam urat kalau kita tidak disiplin pada pola makan yang sehat dan pengobatan medis maupun tradisional.
Pengobatan tradisional bisa dilakukan dengan konsumsi ramuan tradisional dari tanaman herbal. Indonesia terkenal kaya akan tanaman herbal namun terkadang kita tidak tau manfaat tanaman herbal yang ampuh yang ada dilingkungan sekitar kita.

Apakah pengertian tanaman herbal?

Pengertian tanaman herbal adalah tanaman atau bagian dari tanaman yang memiliki manfaat untuk pengobatan penyakit.
Pengobatan tradisional dengan menggunakan tanaman herbal sudah ada sejak dahulu kala sebelum mengenal pengobatan medis. Seiring perkembangan ilmu pengetahuan, pengobatan tradisional mulai ditinggalkan. Entah mengapa, kini orang-orang mulai menggunakan kembali tanaman herbal sebagai pengobatan tradisional.

Apakah penyakit asam urat itu?

Banyak orang yang mendefinisikan penyakit asam urat adalah encok atau reumathik. Memang si, ada persamaan antara penyakit asam urat dengan encok atau reumathik yaitu sama-sama menyerang persendian tubuh.
Yang sering terjadi dimasyarakat adalah tidak mengenal gejala dan penyebab asam urat. Seringkali kita hanya tahu tentang makanan pantangan bagi penderita asam urat.
Perlu diketahui bahwa penyebab utama asam urat adalah kelebihan kandungan purin didalam tubuh. Zat purin biasanya dibuang bersama kotoran atau air kencing. Pemicu kelebihan kandungan purin didalam tubuh adalah konsumsi makanan yang tinggi kandungan purin.
Sebagai pertimbangan untuk mengurangi resiko terkena penyakit asam urat adalah dengan mengatur pola makan sehat dan mengurangi makan makanan yang tinggi kandungan purin. Sebagai contoh makanan yang tinggi kandungan purin adalah makanan laut atau seafood, kacang-kacangan, jeroan, daging merah dan lainnya.

4 obat tradisional untuk penderita penyakit asam urat

Obat tradisional untuk penyakit asam urat tentu saja berasal dari tanaman herbal. Tanaman herbal inilah yang diolah baik sebagai ramuan maupun diolah sedemikian rupa menjadi obat tradisional asam urat.
1. Jahe
Jahe dikenal sebagai tanaman herbal yang banyak manfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Cukup sederhana membuat ramuan jahe sebagai pengobatan asam urat.
Cara membuat ramua jahe
1. Siap satu atau dua siung jahe
2. Buang kulit jahe lalu parut
3. Masukan parutan jahe ke dalam air yang mendidih
4. Biarkan warna air berubah
5. Saring air rebusan jahe dan siap diminum
2. Lemon
Seperti yang kita ketahui bahwa buah lemon banyak mengandung Vitamins C dan Kalium. Kandungan Vitamins C buah lemon berfungsi untuk meredakan rasa nyeri aakibat asam urat kambuh. Sedangkah fungsi kalium buah lemon untuk menetralisir Ph darah dan membuat air urin basa. Dengan begitu, konsumsi buah lemon dapat membantu mengatasi penyakit asam urat.
Untuk membuat ramuan lemon sangat mudah yaitu cukup peras air lemon dan masukan ke air hangat. Minumlah secara rutin maka akan membantu mengatasi nyeri akibat penyakit asam urat kambuh.
3. Buah Ceri
Banyak penelitian yang menunjukkan hasil positif antara konsumsi ekstrak buah ceri dengan asam urat. Meskipun tidak diketahui secara pasti sebab akibat antara konsumsi buah ceri dengan asam urat namun hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak buah ceri bisa mengurangi rasa nyeri akibat asam urat kambuh.
Buah ceri diketahui mengandung antioksidan yang mampu mengurangi nyeri pada peradangan persendian. Selain itu, ceri juga memiliki manfaat untuk menangkal radikal bebas.
4. Cuka Apel
Cuka apel diketahui memiliki banyak manfaat untuk mengatasi penyakit asam urat. Cuka apel mengandung kalsium, zat besi dan kalium yang mampu meredakan nyeri akibat asam urat kambuh.
Cara membuat cuka apel sangatlah mudah namun dibutuhkan waktu yang cukup lama sekitar 2 sampai 3 minggu. Bahan yang harus dipersiapkan tentu saja buah apel secukupnya, gula pasir dan toples. Masukan irisan buah apel ke dalam toples lalu rendam dengan air yang sudah dicampur gula pasir. Diamkan selama 2-3 minggu.

Akhir kata

Penyakit asam urat disebabkan karena kandungan purin yang tidak mampu dibuang dari dalam tubuh. Jaga pola makan sehat dengan mengurangi konsumsi makanan yang tinggi kandungan purin. Bila asam urat kambuh bisa diatasi dengan pengobatan tradisional seperti ramuan herbal.


Comments