Skip to main content

Info Tentang Angin Duduk Agar Keluarga Sehat


Salah satu penyakit yang sering terjadi di masyarakat adalah masuk angin duduk. Meskipun begitu, seringkali kita salah mengatasi penyakit angin duduk yang bisa berakibat fatal sampai kematian. Pertolongan pertama pada penderita angin duduk menjadi keharusan untuk diketahui oleh keluarga.
Info kesehatan keluarga kali ini tentang angin duduk. Meskipun kita sudah terbiasa mengatasi masuk angin dengan cara kerokan namun masuk angin duduk berbeda dalam cara mengobati angin duduk. Penting untuk diketahui bahwa penyebab angin duduk berbeda dengan masuk angin walau agak mirip.

Apa Pengertian Angin Duduk?

Penyakit angin duduk erat kaitannya dengan gangguan fungsi jantung. Lalu, apa itu pengertian angin duduk?.
Pengertian angin duduk adalah sebuah kondisi gangguan fungsi jantung yang disebabkan karena adanya penyumbatan supplai darah bagi jantung.
Inti dari angin duduk adalah tidak terpenuhinya kebutuhan darah untuk jantung.
Gangguan supplai darah ke jantung bisa di akibatkan karena penyempitan arteri koroner jantung. Penumpukan kolesterol dan lemak menjadi penyebab utama angin duduk.

Apa Penyebab Angin Duduk?

Penyebab angin duduk adalah penyempitan arteri koroner jantung. Penyempitan tersebut membuat pasokan darah ke jantung terganggu dan menyebabkan disfungsi jantung.
Penyempitan pembuluh darah arteri koroner jantung dipicu oleh penumpukan lemak dan kolesterol. Hindari konsumsi makanan secara berlebihan yang tinggi kandungan kolesterol.

Apa Gejala Angin duduk?

Angin duduk atau dikenal dengan istilah angina memiliki kemiripan dengan gejala masuk angin. Terkadang kebanyakan dari kita menganggap sepele terhadap gejala angin duduk. Yo wis bisa berakibat fatal sampai kematian.
Gejala angin duduk yang umum terlihat adalah :
1. Sesak napas
Sesak napas yang dirasakan disebabkan kurangnya pasokan darah ke jantung. Jantung akan terasa sakit seolah-olah sedang membawa beban yang sangat berat.
2. Tubuh terasa lelah
Pasokan darah ke jantung kurang menyebabkan pasokan darah ke bagian tubuh lainnya pun tidak tercukupi. Hal tersebut membuat badan menjadi terasa lelah.
3. Pusing
4. Mual
5. Gelisah
6. Mengeluarkan keringat berlebih.
Jika diantara keluarga kita mengalami gejala seperti tersebut, harap segera mendapat pertolongan pertama pada penderita angin duduk.

Pertolongan Pertama Pada Penderita Angin Duduk

Angina atau angin duduk hampir memiliki kesamaan gejala dengan masuk angin biasa. Namun ada perbedaan mencolok seperti sesak napas dan keluar keringat berlebihan.
Jika ada diantara anggota keluarga kita diduga terkena angin duduk maka sebaiknya mendapat pertolongan pertama bagi penderita angin duduk.
Langkah pertolongan pertama pada penderita angin duduk
1. Penderita angin duduk segera didudukkan dan kasih aspirin. Jangan dikerok atau kasih balsam.
2. Bawa ke klinik atau fasilitas kesehatan terdekat.
3. Jika pingsan, penderita angin duduk ditidurkan di alas yang keras. Lakukan kompresi atau penekanan dada.

Kesimpulan

Angina atau angin duduk lebih disebabkan karena penyempitan pembuluh darah arteri koroner ke jantung. Lakukan pertolongan pertama pada penderita angin duduk. Jangan anggap sepele, segera bawa penderita angin duduk ke fasilitas kesehatan terdekat.
Info angin duduk ini bukan diagnosa medis hanya sebagai pengetahuan tentang kesehatan. Keluarga sehat adalah investasi terbaik sepanjang masa.

Comments